Senin, 13 Mei 2013

Mengenal dan Memanfaatkan Robot Pencari


Memanfaatkan Robot Pencari

Dalam perjalanan kita menggeluti dunia internet, terutama sekali dalam kegiatan kita melakukan seo pasti kita sering mendengar istilah robot pencari atau sering disebut laba-laba pencari pada search engine. Apakah ada dari rekan-rekan yang belum tahu apa itu robot pencari? Sebelum kita bisa memanfaatkan robot pencari, sebaiknya kita mengenal dahulu apa itu robot pencari.



Apa yang dimaksud dengan robot pencari? Setiap search engine memiliki robot pencari yang tugasnya adalah untuk mencari situs-situs baru dan melakukan indexing kedalam data base mereka. Meski semua search engine memiliki formulir untuk pendaftaran situs baru, namun mereka juga memiliki robot-robot yang tugasnya ‘travelling’ – menjelajahi dari satu server ke server lain mencari situs-situs baru dengan mengikuti link-link yang ada disetiap halaman website. Atau, untuk melakukan update konten terbaru dari sebuah website yang sudah terindex dalam server mereka. Nah, yang ingin kita lakukan adalah memanfaatkan robot pencari ‘travelling’ tersebut.

Setelah kita bisa mengerti tentang apa itu robot pencari dan fungsinya masing-masing, dengan begitu kita akan bisa memanfaatkan robot pencari dari masing-masing search engine. Tentu saja untuk bisa memanfaatkan robot pencari dan memancingnya datang ke website kita harus menggunakan kode-kode meta tag.

Anda bisa menambahkan dan memodifikasi meta tag yang sudah ada agar optimal dan disukai oleh robot pencari, karena pada dasarnya robot pencari hanya mengenal bahasa dan perintah dari kode-kode meta tag. Robot pencari tidak bisa membaca gambar dan warna, untuk itu agar bisa memanfaatkan robot pencari perlu menambahkan sebait kode perintah yang diperuntukkan bagi robot search engine tersebut. Misalnya, anda tidak menginginkan semua website anda terindex oleh search engine, maka anda dapat menyisipkan kode diwebsite anda seperti berikut:

<meta name=”robots” content=”all,index,follow”> pada bagian antara <head> dan <head/>

Anda juga bisa mencegah robot search engine dengan memasang sebait kode perintah sbb:

<meta name=”robots” content=”noindex”>

Biasanya kode ini diperuntukan untuk halaman log In atau halaman members area agar tidak masuk kedalam index search engine. Kode tersebut wajib dugunakan oleh website yang berbasis intranet agar tidak dapat diketemukan oleh pengunjung melalui search engine, mengingat fungsi intranet yang hanya digunakan secara internal saja.

Demikian sedikit tips untuk memanfaatkan robot pencari, semoga bisa membantu website rekan-rekan semakin optimal dimata search engine.