Jumat, 10 Mei 2013

Kotak Pesan Untuk Blog


Kotak Pesan Untuk Blog

By: Arfans

Kotak pesan untuk blog atau istilahnya shout box, tag board, dan chatter box adalah suatu kotak yang berfungsi untuk mengirimkan pesan-pesan pendek, namun bisa juga berfungsi sebagai tempat mengobrol (chatting). Dengan shoutbox, kita juga bisa mempromosikan blog kita, contohnya saat kita berkunjung ke blog orang lain yang ada kotak pesannya (shoutbox), lalu kita meninggalkan komentar atau pesan pada shoutbox mereka dan pada saat sipemilik blog melihat pesan kita biasanya mereka akan balas mengunjungi blog kita.


Biasanya kotak pesan untuk blog diselipkan dihalaman blog seperti diwidget dengan bahasa java script. Bagi anda yang bisa dan mengerti pemrograman java script mungkin bisa membuat kotak pesan untuk blog dengan membuat kode-kodenya sendiri. Namun buat anda yang tidak bisa membuat kotak pesan untuk blog sendiri jangan khawatir, karena sekarang sudah banyak situs yang menyediakan layanan ini, salah satunya adalah shoutmix.

Contoh cara membuat kotak pesan untuk blog dengan shoutmix adalah seperti berikut:

  • Buka situs shoutmix (anda bisa searching digoogle untuk mencari alamat web shoutmix) lalu lakukan pendaftaran.
  •  Jika pendaftar anda berhasil diterima, anda akan langsung disuruh memilih jenis shoutmix yang telah disediakan , terserah anda memilih bentuk yang mana lalu klik continue.
  • Setelah itu akan muncul ucapan “terimakasih” lalu klik Go to my control panel now.
  • Didalam halaman control panel anda bisa mensetting lagi kotak pesan untuk blog anda, misalnya style& color, date & time, dan lainnya.
  • Jika sudah selesai klik menu get codes
  • Lalu copy code tersebut dan paste kedalam blog anda, bisa anda letakan di widget atau di fotter terserah anda tapi sebaiknya diletakkan ditempat yang gampang terlihat oleh pengunjung blog anda.

Sekarang anda sudah tahu cara membuat kotak pesan untuk blog anda sekarang saatnya praktek, selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar